Monday, January 15, 2018

Membuat Aplikasi Android Support Multi Bahasa

Hello Kuy
masih semangat belajar android programming ? so pasti masih semangat, belajar terus sampai nanti kita bisa petik hasil dari belajar kita. Jadi android developer itu jangan pikirkan susahnya, karena kalo pikiran kita merasa susah ketika melakukan sesuatu itu akan menjadikan semuanya susah. Jadi berpikirlah apapun itu gampang dan percaya dengan bantuan Alla SWT yang akan membantu kita selama yang kita lakukan itu positif, dan kalian tau kan salary developer android itu, yang junior programmer aja paling minim 5JT kuy, jadi jika kita sudah bisa membuat aplikasi android, insya Allah akan jadi sumber rejeki kita.
Di artikel kali ini saya akan coba share gimana kita bisa buat aplikasi android yang bisa suppor multi bahasa, dan ada pertanyaan itu apakah gampang ? itu apakah mudah ?
Membuat aplikasi bisa multi bahasa itu bagi saya sangat mudah, caranya, kita membuat aplikasi kita versi bahasa ingris terlebih dahulu, dan semua yang berhubungan dengan string, itu kita simpan di folder res > values > string.xml.
Kira-kira kalian sudah mengerti ?langsung to do point aja ya kuy .
kita coba buat projek baru di android studio kita, atau kalau kalian punya projek android yang lama, kalian bisa tambahkan saja settingan multi bahasa ini.
yang perlu kita buat yaitu kita mempunyai file string,xml dengan default kita pakai bahasa inggris ya.
seperti contoh gambar dibawah ini, yaitu file string.xml dengan defaultnya saya berikan bahasa inggris .
image 1

kalau kita lihat gambar image 1, ada beberapa file string.xml yang mempunya warna bendera negara.
untuk mebuatnya ikuti panduan berikut ini ya.
kita butuh mengubah tampilan projek kita yaitu dari android  rubah ke tampilan project seperti pada image 2 berikut ini :
image 2


 setelah kita ubah ke tampilan project kita lanjutkan dengan membuat satu folder di dalam folder res yang akan kita berinama sesuai dengan kode bahasa.
image 3
di Image 3 yaitu cara menambahkan satu folder baru, dimana kita klik kanan folder res dan memilih new > android resource directory. setelah itu ikuti di image 4.
image 4
setelah itu kita tambahkan satu folder values dan tambahkan ( -kodeNegara seperti contoh unutk indonesia values-in ), setelah itu di dalam folder yang telah kita buat kita copy paste file string xml dan terjemahkan value dari setip file yang dalam string.xml.
jika semua sudah dilakukan, aplikasi kita sudah support multi bahasa, untuk mencobanya silahkan kita ganti bahasa di handphone kita, pastinya bahasa dalam aplikasi itu juga akan berubah.

jika merasa artikel ini bermanfaat, bisa dishare ya kuy.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner